logo

Slider

jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Tanjung Kelas II -- Website masih dalam tahap pengembangan.

Aplikasi Pendukung

simari komdanas sikep abs lpse perpus satudja omspan rkakl emonev bappenas sirup

Jumat, 25 Januari 2019. Pengadilan Agama Tanjung mengadakan Sosialisasi E-court bersama dengan advokat wilayah Kabupaten Tabalong. Sosialisasi ini bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Tanjung dan di pimpin oleh Ketua (M.Sa’dan,S.Ag) dan Wakil Ketua PA Tanjung (Ikin, S.Ag).

IMG_6298-min.JPG

Acara diselenggarakan sesuai dengan instruksi dari Mahkamah Agung Perma Nomor 3 Tahun 2019 tentang administrasi di pengadilan secara elektronik. setiap Pengadilan diharapkan untuk mengenalkan atau mensosialisasikan program baru dari Mahkamah Agung tentang bagaimana berperkara di Pengadilan khususnya Gugatan dengan keunggulan lebih cepat dan biaya ringan yaitu menggunakan aplikasi e-Corut.

IMG_6289-min.JPG

Namun saat ini dalam proses pendaftaran hanya advokat yang mendafatkan verifikasi Mahkamah Agung bisa mendaftar. Untuk Mendapatkan vervikasi, advokat harus mendaftarkan diri dengan Kartu Tanda Anggota (KTA), KTP dan berita acara sumpah.

Aplikasi e-Court sendiri baru saja diluncurkan oleh Mahkamah Agung sejak pertengahan tahun 2018, namun banyak warga masyarakat maupun para advokat terlihat antusias dan berpartisipasi untuk menjadi member tetap di e-Court. Selain itu program e-Court ini apabila dibandingkan dengan berperkara secara manual,titk beratnya dimulai dari registrasi hingga mendapatkan nomor perkara, maka jelas program e-Court mempunyai keunggulan lebih cepat 90%.

IMG_6297-min.JPG

Mengingat dari berkas  pengajuan pendaftaran perkara gugatan serta pengisian blanko pendaftaran perkara cukup melalui HP maupun komputer yang terkoneksi dengan internet, bisa dilakukan dimana saja serta didaftarkan pada saat di jam kerja, sehingga para masyarakat pengguna terdaftar e-Court tidak terlalu pusing dan sibuk dengan aktifitas pendaftaran perkara gugatan,tanpa mengganggu aktifitas yang lainnya.

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

prodeoSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

informasiKetua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Secara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanjung

Jalan Tanjung Selatan No.661 Tanjung

Kabupaten Tabalong,  Provinsi Kalimantan Selatan.

Telp/Faxs :  +62526 2021002/ +62526 2031000

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

           Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Peta :