Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Tanjung - Tabalong | Media Informasi & Transparansi Pengadilan Agama Tanjung.


Kalender Hijriah

Jum'at
11
Sya'ban
1439 H

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :
216381
Pengunjung Hari Ini :
41
User Online :
2
Terakhir Update :
27-04-2018

Administrator Website

  • Rudiansyah

Pendapat Anda

 

Pemikiran Karl Nickerson Llwellyn

KARL NICKERSON LLEWELLYN
(1893- 1962)
TOKOH PRAGMATIC LEGAL REALISM

oleh :

Dra. Hj. Rusinah, M.H.I

 

Pendahuluan.
Manusia adalah makhluk ciptaan Allah Swt, yang memiliki kelebihan dari makhluk-makhluk lainnya. Salah satu dari kelebihannya adalah adanya akal, sehingga manusia mempunyai sifat keingintahuan yang sangat dalam terhadap segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Dengan sifat keingintahuan itulah akhirnya manusia mendapatkan pengetahuan.
Untuk mendapatkan pengetahuan dapat ditempuh melalui beberapa cara, ada yang diperoleh melalui panca indera, penelitian, wahyu (kitab suci), dan bisa pula melalui perenungan secara mendalam. Perenungan yang sedalam-dalamya tentang sesuatu sampai kepada hakekatnya itulah yang dinamakan dengan filsafat.
Pada kenyataannya, filsafat bukan hanya menyelidiki salah satu dari fakta saja, melainkan menyelidiki segala yang menarik perhatian manusia. Masalah filsafat tidak pernah selesai meskipun telah dibicarakan sejak dua ribu lima ratus tahun yang lalu. Objek bahasan filsafat adalah sesuatu yang ada dan mungkin ada.
Menurut Anshari, objek materia filsafat dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tentang hakikat Tuhan, hakikat alam dan hakikat manusia. Sedangkan objek forma filsafat adalah sudut pandangnya yang tidak membatasi diri dan hendak mencari keterangan yang sedalam-dalamnya atau sampai kepada hakikat sesuatu.
 
Lebih lengkapnya download arsip di bawah

Total akses : 829